Mozambik Burung Kecil Dengan Suara Indah - bosskicau

Mozambik Burung Kecil Dengan Suara Indah

Mozambik  Burung Kecil Dengan Suara Indah. Burung Mozambik istilah bahasa latinnya adalah Green Singing Finch  atau sebut saja The Yellow Fronted Canary. Burung ini jika berkicau hampir sama dengan Blackthroat, ngerol dan kencang suaranya dan juga dapat di sejajarkan dengan keluarga Kenari. Tetapi  burung Mozambik ini  termasuk burung Import atau burung luar negeri yang konon katanya berasal dari Benua Africa.
Istimewanya  Burung Mozambik ini bisa mencapai  umur 15 sampai dengan 20 tahun bisa bertahan hidup.
Mozambik  Burung Kecil Dengan Suara Indah
Mozambik  Burung Kecil Dengan Suara Indah

Baca juga : Ciri-ciri Mozambik Jantan dan Betina

                   IDE BISNIS RUMAHAN BUSIDAYA BURUNG BLACKTHROAD


Habitat aslinya burung Mozambik ini hidup di alamnya ( Afrika ) di daerah dataran hutan tandus dan  gersang. Oleh sebab itu burung ini sangat tahan  akan cuaca panas. Kebiasaan burung jenis ini hidup berkoloni dengan berpasangan.

Ciri-ciri Burung Mozambik

Ada info bahwa burung Mozambik ini banyak dikembangbiakkan di Gurun Sahara Afrika selatan. Tetapi  dikembangbiakan secara terbuka di hutan. Mozambik  bisa  bertelur di sarang sampai dengan 3-4 butir. Ukuran tubuh Mozambik hanya  sekitar 11-13 cm, Mozambik ini termasuk burung yang berukuran kecil. Untuk sedikit mengetahui jenis kelamin Mozambik ada sedikit penjelasan sebagai berikut:

Burung jantan dewasa

Ciri-cirinya memiliki warna hijau dan coklat pada sayap dan ekor, pantat berwarna kuning, kepala berwarna kuning dengan mahkota abu-abu dan garis malar hitam.   

Burung betina

Memiliki warna sama, dengan dominasi warna bulu berwarna kuning. Akan tetapi ada perbedaannya dengan moza jantan. Perbedaannya pada betina pola warna kepala lebih lemah dan kusam. Mungkin warnanya sedikit kurang menarik dibandingkan jantan.

Burung Remaja

Sedangkan pada burung remaja warnanya lebih berwarna kelabu daripada betina dewasa, terutama di kepala, Pejantan memiliki mahkota, tengkuk, mantel abu-abu kehijauan dibawah ekor dan punggung. Kumis abu-abu kehijauan atau hitam   yang melingkar dari paruh bawah hingga ke penutup kuping. Tungging dan  ekor atas berwarna kuning. Kening, garis mata, pipi, kerongkongan dan dada berwarna kuning terang.

Dapat juga dibedakan dengan nyanyian pejantan yang mirip kenari namun akan lebih mudah dengan melihat penampilan burung dewasa. Pejantan memiliki warna bulu abu kehijauan bergaris kuning dan dada kuning terang.Secara umum : Lebih terang dan cerah dalam warna. Dan bernyanyi.

Warna burung betina, secara umum lebih buram warnanya dan memakai kalung titik hitam sepanjang lehernya. Mozambik muda juga memiliki kalung hitam yang sama. Karena itu lebih mudah membedakannya setelah dewasa melalui penampilannya.  Secara umum : Berciri ‘kalung’ titik hitamnya sepanjang garis lehernya. Dengan warna lebih gelap / kurang cerah daripada pejantan. Betina pun berkicau  tapi tidak bernyanyi.

Kabar yang menyenangkan bagi hobys bahwa Burung Mozambik ini bisa dikawin silangkan dengan Kenari, Blackthroat, dan Sanger atau jenis Finch lainnya.

Cara merawat Mozambik  Burung Kecil Dengan Suara Indah cukup mudah seperti burung-burung lainnya. Makanannya pun sama dengan makanan kenari yaitu biji-bijian dan sayuran serta telor puyuh juga dia akan memakannya. (dari berbagai sumber)


Make Money at : http://bit.ly/copy_win

1 comment:

  1. www.bosskicau.info

    Bosskicau menjadi tempat yang palin tepat untuk baca-baca dan mencari referensi bagi para penggemar burung. Mari jalani hoby asyik sambil terus berjuang untuk kemajuan dunia kicau di tanaj air. Dan yang paling uatama adalah demi menjaga kelestarian burung dan alam agar terus lestari. Salam Kicau Mania!

    ReplyDelete

Post Bottom Ad